Beranda » HEADLINE NEWS » Mendag Kumpulkan Kadis Perdagangan Se Indonesia

Selasa, 10 Maret 2015 - 21:26:20 WIB
Mendag Kumpulkan Kadis Perdagangan Se Indonesia
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE NEWS - Dibaca: 693 kali

Jakarta SP Sesuai Nawa Cita, pemerintah menaruh perhatian penuh terhadap program perlindungan konsumen khususnya dalam edukasi konsumen dan standardisasi melalui SNI.

Sepanjang 2014, Ditjen SPK telah berhasil mengawasi 467 produk yang meliputi parameter Standar Nasional Indonesia (SNI) sebanyak 278 produk, parameter label Berbahasa Indonesia sebanyak 145 produk dan parameter Manual dan Kartu Garansi (MKG) Berbahasa Indonesia sebanyak 44 produk. Total seluruh produk yang telah diawasi sepanjang tahun 2011 hingga 2014 sudah sebanyak 1689 produk.

Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, mengelar rapat koordinasi dengan kepala dinas perdagangan seluruh Indonesia. Rapat sengaja digelar guna menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) lima tahun mendatang.

Mendag mengatakan, Presiden Jokowi ingin Kemendag bisa bekerja sebagai agen pemerintah guna menggaet investasi sebanyak-banyaknya masuk Indonesia.

Selain, menjaga stabilitas harga dan mengamankan pasokan, perdagangan harus mendorong investasi, ujar Mendag saat memberi sambutan di kantornya,Selasa 10/3.

Ditjen SPK juga akan memenuhi target dan sasaran strategis seperti yang tertuang dalam RPJM 2015-2019 yaitu meningkatkan pemberdayaan konsumen, standardisasi, pengendalian mutu, tertib ukur dan pengawasan barang beredar atau jasa.

Untuk melindungi konsumen dalam aspek kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan hidup serta berkaitan dengan harga diri suatu bangsa, Kemendag berkoordinasi dengan beberapa pihak. Di antaranya adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian dn Dinas yang membidangi perdagangan provinsi di seluruh Indonesia berhasil menangani peredaran apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California, Amerika Serikat serta peredaran pakaian bekas impor
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved