Beranda » JABODETABEK » Kemenag Luncurkan Program 5000 Doktor

Selasa, 10 Maret 2015 - 22:10:47 WIB
Kemenag Luncurkan Program 5000 Doktor
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: JABODETABEK - Dibaca: 686 kali

Jakarta SP Kementerian Agama (Kemenag) RI meluncurkan "Program Pengiriman 5000 Doktor" secara bertahap, dan akan dimulai 2014 ini. Pemberian beasiswa program doktor ini berlaku bagi semua dosen PTAI baik ke dalam maupun luar negeri, meliputi semua bidang ilmu yang dikembangkan PTAI (UIN, IAIN, STAIN, PTAIS).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan program 5.000 Doktor merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama yang strategis dan visioner. Program ini akan terus berjalan untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia di lingkungan pendidikan tinggi Islam di tanah air.

Ibaratnya seminggu lagi dunia mau kiamat, program ini terus kita kembangkan, kata Menag Lukman pada peluncuran website resmi program 5000 Doktor; www.scholarship.kemenag.go.id dan program Tahfidz Al Quran 10.000 santri di kantor Kemenag Jl Lapangan Banteng 3-4 Jakarta Pusat, Senin (9/3).

Sementara itu, Prof. Kamarudin Amin menuturkan bahwa keseriusan Kemenag ini karena ingin menjadikan perguruan tinggi Islam mampu bersaing di kancah internasional. Dosen-dosen PTAI harus dan mesti diupgrade dan didorong agar memiliki reputasi internasional jika tidak ingin ketinggalan dalam persaingan antar perguruan tinggi yang semakin keras di masa-masa yang akan datang," tegas Dirjen Penditis ini.

Sementara Tahun 2015 nanti, Ditjen Pendidikan Islam akan mulai mengirim 1.000 dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seluruh Indonesia untuk meraih gelar doktor baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ini merupakan bagian dari beasiswa program doktor untuk semua dosen. ujar Armsal Sesditjen Penditis yang didampingi Hanif

Data Kemenag saat ini menunjukkan jumlah dosen PTKI mencapai 31.271 orang dengan sebaran 12.049 di negeri (PTKIN) dan 19.212 berada di PTKIS (perguruan tinggi Islam swasta. Dari jumlah itu, dosen PTKIN yang berpendidikan doktor (S3) baru berjumlah 1.803 orang, sedangkan magister (S2) mencapai 9.012 orang. Pada PTKIS, doktor ada 1.117 orang, dan magister berjumlah 12.509 orang.

Sedangkan mengenai program 10.000 tahfidz, Dirjen Pendis menjelaskan, program ini bekerjasama dengan pesantren-pesantren yang biasa mengadakan program tahfidz. Hadir dalam acara ini Sekjen Kemenag Nur Syam, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Amsal Bachtiar, Direktur Pesantren dan Pendidikan Diniyah Mohsen dan Kapuspinmas Kemenag Rudi Subiantoro.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved