Beranda » JABODETABEK » PT Wika berhasil Selesaikan Proyek Simpang Susun Semanggi Lebih Cepat

Senin, 21 Agustus 2017 - 09:46:40 WIB
PT Wika berhasil Selesaikan Proyek Simpang Susun Semanggi Lebih Cepat
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: JABODETABEK - Dibaca: 275 kali

Jakarta-Indonesia patut berbangga karena telah merampungkan pembangunan simpang susun Semanggi yang kini dapat dilalui oleh masyarakat. Jebatan penghubung lintas Sudirman dan Gatot Subroto tersebut dihiasi pula dengan pernak-pernik lampu hias,sehingga menambah semarak pas datang malam.

Pembangunan infrastruktur dengan dana non APBD ini dilakukan guna mengurangi masalah kemacetan di Jakarta. Proyek senilai Rp 345,067 miliar ini membentang sepanjang 1.622 meter dan dikerjakan PT Wijaya Karya.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA merupakan pemilik kontrak pembangunan Jembatan Simpang Susun Semanggi yang akan menjadi ikon baru DKI Jakarta dan solusi mengurangi kemacetan di kawasan Sudirman-Gatot Soebroto.

DirekturUtama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Bintang P membeberkan beberapa kesulitan dalam membangun jembatan tersebut. Menurut dia, permasalahan utamanya adalah jembatan semanggi terletak di lokasi yang sangat VVIP.

Menurut dia, kawasan Semanggi yang selalu macet karena merupakan jalur utama arus kendaraan memberikan tantangan tersendiri bagi kontraktor. Apalagi, proyek tersebut ditargetkan bisa diselesaikan cepat dan dapat beroperasi pada tahun ini.


Penggunaaan teknologi jembatan terkini,pross pembangunan proyek dapat berjalan sangat cepat serta pembiayaan efisien. Dalam perencanaan awal, pembangunan simpang susun ditarget rampung 540 hari namun dapat selesai 18 bulan. Namun pada akhirnya hanya butuh waktu 15 bulan.Efsiensi waktu dalam proses penyelesaian proses simpang susun Semanggi bisa dilakukan menggunakan teknologi beton pracetak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Simpang Susun Semanggi tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, Kamis (17/8). Prasasti tersebut berada di kolong Jembatan Semanggi, tepatnya di taman depan Plaza Semanggi. Prasasti tersebut berbentuk trapesium dan berwarna cokelat, dengan ukuran sekitar 1,5 meter. (Nasir /Vekum)
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved