Beranda » RAGAM BERITA » Jalan Tol Sekarang Menggunakan E Money

Senin, 11 September 2017 - 09:15:16 WIB
Jalan Tol Sekarang Menggunakan E Money
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: RAGAM BERITA - Dibaca: 157 kali

Jakarta SP Untuk pertama kalinya pembayaran nontunai akan diberlakukan di semua gerbang tol di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Peralihan pembayaran dari tunai ke nontunai ini merupakan sebuah keharusan yang diatur dalam Peraturan Menteri PUPR.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan seluruh gerbang tol di Indonesia akan menerapkan transaksi pembayaran nontunai atau secara elektronik pada akhir 2017. Pelaksanaannya bakal dilakukan secara bertahap hingga mencapai 100 persen pada akhir tahun ini.

Kepala BPJT Herry TZ mengungkapkan, pihaknya bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Bank Indonesia (BI), dan perbankan sedang bekerja mendukung gerakan nontunai yang diinisiasi BI. Salah satunya meningkatkan transaksi pembayaran nontunai alias elektronik di jalan tol.Herry lebih jauh menjelaskan, saat ini penetrasi penggunaan transaksi pembayaran elektronik di gerbang tol baru mencapai 23 persen. Targetnya 100 persen di 2017. "Nanti akan meningkat, kan sekarang 23 persen, kemudian naik jadi 30 persen-40 persen. Harapannya bisa 100 persen di 2017," kata dia. Jakarta, Senin (13/3/2017).PT Jasa Marga Tbk siap memberlakukan kebijakan satu tarif pada ruas tol Jakarta - Bogor - Ciawi (Jagorawi) pada tahun ini. Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan saat ini rencana tersebut sedang dikaji oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penyeragaman tarif tersebut merupakan buntut rencana peniadaan Gerbang Tol Cimanggis serta Cibubur yang sering mengakibatkan kemacetan. Nantinya, kendaraan yang menuju Bogor dari arah Jakarta akan membayar tol di pintu keluar (off ramp). Sedangkan untuk arah sebaliknya akan membayar tol di pintu masuk (on ramp).Ini bentuk peningkatan pelayanan dari kami untuk mengurangi antrean. Konsekuensinya, tarif akan jadi sama," kata Agus kepada Katadata, Jumat (7/9), di Kantor Pusat PT Jasa Marga

Pemerintah berencana mengalihkan seluruh pembayaran tol dengan transaksi elektronik nontunai. Tujuannya untuk memperlancar antrean di gerbang tol yang sering mengalami penumpukan kendaraan karena pembayaran tunai.Upaya penerapan non tunai pada jalan tol n didukung melalui penggunaan beragam uang elektronik sehingga pembayaran jalan tol dapat dilakukan tidak hanya dengan satu bank.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved