Beranda » METROPOLITAN » Kementan Gelar Bimbingan Teknis Kelompok Usaha Bersama

Minggu, 17 September 2017 - 16:06:12 WIB
Kementan Gelar Bimbingan Teknis Kelompok Usaha Bersama
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 232 kali

Jakarta SP Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian ( BPPSDMP) menggelar bimbingan teknis dalam rangka mewujudkan pelaku usaha pertanian menjadi profesional.

Bertempat di Hotel Santika Priemere Bekasi acara tsb dihadiri oleh kelompok usaha pertanian seluruh Indonesia dan seluruh jajaran pejabat BPPSDMP dan di komandan oleh Ketua Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dr. Momon Rusmono serta ketua umum Gempita Dadang.

Kepada Kelompok Usaha Bersama Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Momon Rusmono mengatakan BPPSDMP mempunyai tugas mewujudkan pelaku usaha pertanian menjadi professional. Pertanian itu sangat menguntungkan dan menjadi profesi petani menjadi idola gadis gadis Desa, ujar Kepala BPPSDMP Momon Rosmono dalam kata sambutannya dalam acara Bimbingan Teknis Kelompok Usaha Bersama di Hotel Santika Premiere Bekasi, Minggu. (17/9/17).

Momon menambahkan BPPSDM tugasnya memberdayakan petani dan regenerasi petani. Pemberdayaan petani melalui pendekatan kelompok. Kelompok Tani di Pulau Jawa bisa sampai 100 orang. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Bapak Presiden sudah menyampaikan ide Korporasi Petani dengan mencontohkan Badan Usaha Rakyat di Sukabumi.

Kelompok Usaha Bersama (KUB) dijalankan secara optimal. KUB untuk rembuk tani tapi manfaatkan secara optimal dengan lahan percontohan 2 HA.
Kelompok ekonomi petani awalnya difasilitasi pemerintah. Program ini betul- betul memberikan manfaat. Petani harus mampu bermitra dengan sumber sumber permodalan dan sumber sumber pelaku pasar.

Diharapkan Petani bisa dilindungi Asuransi untuk bisa mengurangi kerugian. Petani kedepan adalah Petani yang bisa memanage lahan. Kekurangan petani ke depan akan kita tumbuhkan melalui regenerasi petani. KUB menciptakan petani yang handal dan target target pertanian bisa kita capai, pungkas Momon.( as)
,

BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved