Beranda » METROPOLITAN » Akurindo Gelar Rakernas 1 Untuk AD/RT Pemilihan Dan Pelantikan Pengurus

Kamis, 26 Oktober 2017 - 11:35:53 WIB
Akurindo Gelar Rakernas 1 Untuk AD/RT Pemilihan Dan Pelantikan Pengurus
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 144 kali

Jakarta, Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Akurindo 2017 di Jakarta. Dua acara utama akan dilakukan dalam Rakornas I yakni Pengesahan Rancangan Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), dan Pemilihan sekaligus Pelantikan Pengurus Periode 2017-2022.

Rakornas I 2017 Akurindo dihadiri sekitar 100 orang dari 30 provinsi di Indonesia. Mereka merupakan pelaku UMKM dari berbagai jenis usaha, seperti kerajinan, furnitur, dan kuliner. 


Acara Rakernas seperti ini penting untuk memperkuat kelembagaan organisasi dan juga anggotanya, tegas Hasto Sekjen PDI P yang di dampingi Deputi Kemen UKM/Kop dan Dirjen dari Kemendagri


Ketua Panitia Rakernas I Emir Moeis, menyatakan, keberadaan organisasi ini diharapkan dapat memperkuat menumbuhkembangkan UMKM guna mendukung perekonomian nasional berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. 

Langkah tersebut dilakukan dengan memberikan akses pembiayaan, pendampingan, pembukaan jaringan dan pasar. 

“Semua dilakukan dengan digital. Kita ingin UMKM maju dan dapat mengikuti perkembangan jaman,” kata dia.

Febri Wibawa Parsa, Ketua Umum Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP) menambahkan, akses pemasaran telah dilakukan dengan menggelar MSP Expo 2016 bagi UMKM bertema ‘Indonesia Gift’ di Gedung Smesco, Jakarta, pada 2-4 Desember 2016. 

Pameran ini diikuti oleh sekitar 300 UMKM dari provinsi-provinsi di Indonesia. Mereka mulai diperkenalkan pembayaran nontunai berupa point of sales (PoS). 

Dalam acara itu juga tersedia seminar yang membahas pembiayaan, pemasaran, dan teknologi informasi (TI) bagi UMKM. Pameran serupa juga akan dilakukan kembali dengan tema ‘The Authentic Taste of Indonesia’ di Balai Kartini, Jakarta pada 7-9 Desember 2017. 

“Acara ini ditargetkan diikuti sedikitnya 300 UMKM dari 30 provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, sebagian mereka telah diikutkan dalam pameran di tiga negara yakni Brussel (Belgia), Moscow (Rusia), dan Tokyo (Jepang). Antusiasme pengunjung di kota-kota tersebut dibuktikan dengan sejumlah produk UMKM laku keras. 
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved