Beranda » NASIONAL » Ansor Pancoran Jaksel Gelar Diskusi Pancasila NKRI Atau Khalifah

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 13:50:40 WIB
Ansor Pancoran Jaksel Gelar Diskusi Pancasila NKRI Atau Khalifah
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 131 kali

Jakarta SP Adalah, NKRI adalah hasil ijtihad ulama Indonesia yang berangkat dari tarikh Nabi seperti piagam Madinah dll, lalu para ulama dan pendiri bangsa yang lain sepakat dg NKRI. Kesepakatan yang telah kita buat tentu harus kita jaga seperti perintah al Quran pada QS. 2:177, 3:76, 17:34, 23:8 dll.

Kerua GP Ansor Pancoran jakarta Selatan Ali mengatakan jadi NKRI dibuat melalui kesepakatan. Apalagi kalau ditelisik lebih jauh, NKRI juga sah menurut hukum Islam, faktanya pada zaman penjajahan saja Indonesia (nusantara) dikategorikan sebagai darul Islam sebagaimana diputuskan dalam Muktamar NU tahun 1936 di Banjarmasin, karena mayoritas penduduk di wilayah ini beragama Islam dan dapat melaksanakan syari’at Islam dengan bebas, apalagi masa sekarang.

Selanjutnya adanya resolusi Jihad 22 Oktober 1945, mempertahankan dan menegakkan NKRI sebagai suatu yang wajib adalah bukti lain bahwa NKRI sesuai dengan syariat Islam. Terakhir, NKRI bisa mengakomodir pelaksanaan syariat Islam seperti berlakunya undang-undang perkawinan, waris, zakat, peradilan agama dll.ujarnya di sela sela acara (28/10)

Sayangnya, bagi anggota HTI, masalah khilafah dianggap perkara qoth’i yang tidak boleh ada perbedaan di kalangan Muslim. Umat Islam tidak boleh permissive terhadap keragaman pendapat yang menyangkut hal-hal yang bersifat qath‘i seperti sistem pemerintahan Islam. Tidak boleh menerapkan Islam dalam sistem republik, kekaisaran, federasi, dan sebagainya.

Mereka berpandangan bahwa khilafah adalah inheren dengan Islam sendiri yang haram ditinggalkan dan wajib diwujudkan di dunia termasuk di Indonesia. Kalau sekarang Indonesia masih belum khilafah, masih NKRI, maka harus diubah. Sepertinya gampang sekali mengubah kesepakatan yang telah dilakukan para ulama dan pendiri bangsa yang lain. Padahal sejarah telah mencatat, bagaimana debat tentang dasar negara yg bertahun tahun itu. Lalu pada akhirnya para ulama NU menerima Pancasila, UUD 1945 dan NKRI,

BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved