Beranda » METROPOLITAN » Kembali Bea Cukai Musnahkan BB Terbesar

Sabtu, 17 Februari 2018 - 10:14:17 WIB
Kembali Bea Cukai Musnahkan BB Terbesar
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 199 kali

Jakarta SP Acara pemusnahan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait. Selain Tito, hadir juga Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memimpin jalannya pemusnahan; Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto; Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita; Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, serta perwakilan dari Tentara Nasionak Indonesia (TNI) dan Kejaksaan Agung.

Pemerintah berhasil mengamankan penerimaan negara melalui berbagai hasil penindakan terhadap pelanggaran kepabeanan dan cukai. Hasilnya sebanyak 142.519 botol minuman keras, 12.919.499 batang rokok, 1.008.624 keping pita cukai, 720 liter etil alkohol dan 11.974 kemasan obat, kosmetik dan suplemen ilegal serta 12.144 unit berbagai merk ponsel berhasil digagalkan.


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemusnahan terhadap barang ilegal ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dan industri dalam negeri. Jadi di saat yang sama, kami ingin industri dalam negeri membaik." Lebih lanjut, ia juga mengimbau agar pelaku usaha bisa menjalankan usaha sesuai ketentuan yang ada.

Selain itu, hal tersebut wujud nyata Program Penertiban Impor Berisiko Tinggi (PIBT) dan Program Penertiban Cukai Berisiko Tinggi (PCBT) yang telah dideklarasikan sejak enam bulan lalu.

Ini merupakan jumlah pemusnahan tersebar dalam sejarah penertiban impor atau cukai ilegal sebagai hasil dari sinergi aparat penegak hukum, tuturnya, di Kantor Bea Cukai, Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Hari ini, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan melakukan pemusnahan massal jutaan barang sitaan sepanjang 2017 hingga 2018. Pemusnahan barang sitaan ini diklaim sebagai yang terbesar dalam sejarah Bea Cukai. Nilai barang sitaan mencapai lebih dari Rp 150 miliar dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 260 miliar lebih.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved