Beranda » TEKNOLOGI » Tol Bogor Outer Ring Road Selesai Lebih Cepat!

Jumat, 23 Februari 2018 - 09:45:18 WIB
Tol Bogor Outer Ring Road Selesai Lebih Cepat!
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: TEKNOLOGI - Dibaca: 330 kali

Jakarta SP Pemerintah pusat melakukan moratorium pembangunan Jalan Lingkar Luar Bogor (Bogor Outer Ring Road/BORR) sejak Selasa, 20 Februari 2018. Kontraktor proyek terpaksa menggantung box grider beton di atas Jalan Soleh Iskandar hingga ada kejelasan hasil evaluasi pemerintah.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jawa Barat Hendro Admojo menjelaskan pemasangan grider menyisakan enam segmen sepanjang sekitar 50 meter. "Saya telah hubungi Komite Keselamatan Konstruksi untuk memprioritaskan (evaluasi proyek) ini," katanya di lokasi proyek, Rabu, 21 Februari 2018.

Box grider yang menggantung berada di lokasi P60-P61 tepat di atas Jalan Soleh Iskandar Kota Bogor. Pihak kontraktor dari PT Wijaya Karya (Wika) dipastikan telah melakukan penguatan pada alat dan tali penggantung grider. Hal itu dilakukan selama proses evaluasi Jalan Lingkar Luar Bogor yang diperkirakan minimal hingga satu pekan ke depan.

Hendro menegaskan target pemerintah ialah mengoperasikan Jalan Lingkar Luar Bogor pada April 2018. Sehingga pengerjaan Jalan Lingkar Luar Bogor harus selesai pertengahan Maret 2018. Hingga moratorium ditetapkan, pekerjaan proyek seksi IIB diklaim mencapai 98,5 persen bahkan pembebasan lahan selesai 100 persen.


Manajer proyek Jalan Lingkar Luar Bogor, Ali Afandi memastikan pekerjaan proyek yang ditanganinya sudah sesuai prosedur seharusnya.

Ali meyakinkan pengecekan kondisi alat telah dilakukan secara rutin termasuk loading test. Pengawasan dilakukan konsultan internal dan dua konsultan eksternal sekaligus yakni konsultan pengelola dan Purnajasa. Hasil pengujian desain, metode kerja hingga SOP dipastikan tidak bermasalah.

Kami sampaikan dokumen dan pengecekan bersama konsultan jasa, kontraktor, ke tim evaluasi keselamatan. Di proyek kami tidak ada insiden berarti," kata Ali menegaskan. Alat pengangkut grider dianggap teruji setelah mengerjakan erection grider sebanyak 112 kali. Alat tersebut diakui baru pertama digunakan untuk proyek ini.

Selain evaluasi alat, ia mengaku rutin mengevaluasi para pekerja. Ali menyebutkan jumlah pekerja yang terlibat dalam proyek Jalan Lingkar Luar Bogor mencapai 500 orang. Mereka dibagi dua shift termasuk lima orang pekerja cadangan untuk setiap shift tersebut

Tim audit merupakan bentukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang terdiri dari Komite Keselamatan Kontruksi, Asosiasi Kontraktor Indonesia, dan konsultan independen.Setelah terjadi beberapa kecelakaan dalam proses pengerjaan proyek serupa di lokasi lain, PT Marga Sarana Jawa Barat selaku pengelola (pemilik) Jalan Lingkar Luar Bogor akan memperketat standar operasional prosedur (SOP) terhadap pihak kontraktor proyek BORR. Menurutnya, kecelakaan yang terjadi biasanya akibat pekerjaan tidak sesuai SOP.

Mengenai dampak materil, dirharapkan penundaan pekerjaan tidak menimbulkan penambahan biaya operasional. Penundaan tidak seharusnya menimbulkan kerugian materil bagi pengelola karena keputusan tersebut diambil secara sepihak oleh pemerintah pusat. Sehingga tidak ada klaim kesalahan pengelola.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved