Beranda » HEADLINE NEWS » Mayjen Joni Supriyanto, Pangdam Jaya yang Baru

Kamis, 01 Maret 2018 - 18:39:55 WIB
Mayjen Joni Supriyanto, Pangdam Jaya yang Baru
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HEADLINE NEWS - Dibaca: 447 kali

Jakarta SP Melalui Surat Keputusan Nomor 196/III/2018 tertanggal 2 Maret 2018, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi 35 perwira tinggi di lingkungan TNI.Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah membenarkan mutasi 35 Pati TNI tersebut. Iya, betul, ujar Sabrar lewat pesan WhatsApp pada SP, Jumat (2/3/2018) malam.

Ada sejumlah jabatan strategis yang diisi dengan pejabat baru. Salah satunya, pergantian Pangdam Jaya dari Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Jaswandi kepada Mayjen Joni Supriyanto .Jaswandi akan menjadi pati di Mabes TNI Angkatan Darat dalam rangka menjelang pensiun. Sementara Joni sebelumnya bertugas sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI.

Joni adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986. Pria kelahiran Ngunut, Playen, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikenal sebagai sosok yang berpengalaman di infanteri.

Mantan Komandan Korem 043/Gatam Bandar Lampung ini juga memiliki pengalaman panjang dalam pengembangan dan pelatihan tentara AD, termasuk dalam bidang intelijen.

Joni pernah menjabat Komandan Korps Siswa Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada tahun 2013. Pada tahun yang sama, dia dipercaya untuk menduduki posisi Komandan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Intelijen Strategis Kodiklat TNI.

Pada tahun berikutnya, Joni ditunjuk menjadi Wakil Asisten Intelijen Panglima TNI. Saat itu pangkat Joni adalah Brigadir Jenderal TNI.

Satu tahun kemudian, tepatnya pada 18 Juni 2015, Joni dipercaya menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro selama dua tahun.

Pada 2017, dia diangkat menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Sementara posisi Kasdam IV/Diponegoro dijabat Brigjen TNI Mohammad Sabar Fadhilah yang saat ini menjabat Kepala Pusat Penerangan TNI.

Pada 2 Maret 2018, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memercayakan Joni sebagai Pangdam Jaya. Penunjukkan Joni menjadi Pangdam Jaya termasuk dalam mutasi 35 pati TNI.

Mabes TNI menyatakan mutasi jabatan di lingkungan TNI untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier perwira tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat pati TNI, ujar Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Infanteri Bedali Harefa, dalam siaran pers Puspen TNI, Sabtu 3 Maret 2018.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved