Beranda » METROPOLITAN » Dirjen Penyediaan Perumahan KemenPUPR Optimis Program Sejuta Rumah Tercapai

Kamis, 22 Maret 2018 - 11:41:09 WIB
Dirjen Penyediaan Perumahan KemenPUPR Optimis Program Sejuta Rumah Tercapai
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 275 kali

Jakarta SP Penyediaan rumah atau papan menjadi satu kebutuhan primer atau dasar yang masih belum tuntas sejak Indonesia merdeka 72 tahun yang lalu. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah berfokus menyediakan hunian layak kepada seluruh masyarakat Indonesia. Program satu juta rumah pun diluncurkan agar seluruh masyarakat Indonesia.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, Penyalurannya akan melalui perbankan. Bantuan untuk program rumah swadaya ini cukup besar untuk membantu penduduk miskin di Indonesia untuk memiliki rumah yang layak huni.

Tapi belum bisa memuaskan dan menyelesaikan, beragam masalah masih dijumpai, MBR banyak di kota-kota besar, sedang, dan tidak beruntung dalam mendapatkan rumah layak. Kita melihat masih banyak masalah, katanya.

Salah satu masalah mendasar dalam penyediaan hunian layak bagi MBR adalah akses pembiayaan untuk MBR. Sementara negara memiliki alokasi anggaran yang harus dibagi untuk kebutuhan lainnya, anggaran untuk membantu penyediaan rumah bagi MBR juga terbilang tak sedikit.

Beberapa kriteria MBR bisa mendapatkan BSPS antara lain rumah tidak layak huni dimiliki oleh yang sudah berkeluarga dan tinggal di rumah tersebut. Calon penerima bantuan diusulkan oleh pemerintah daerah dan akan dilakukan verifikasi oleh Kementerian PUPR ungkapnya bersama Komisi V DPR RI, Rabu (21/3/2018).

Salah satunya dengan kegiatan sosialisasi program perumahan yang sebelumnya dilakukan oleh masingmasing direktorat menjadi satu kegiatan yang dikoordinir oleh Sekretariat Ditjen Penyediaan Perumahan

Jadi ke depan tidak ada lagi kegiatan sosialisasi program perumahan dilaksanakan terpisah-pisah oleh masing-masing Direktorat tapi semua kegiatan sosialisasi akan dikoordinir oleh Sekretariat Ditjen Penyediaan Perumahan sehingga saat sosialisasi, pemerintah daerah, pengembang, maupun dinas yang membidangi perumahan di daerah bisa mendapatkan informasi program rusun, rusus, Rumah Swadaya dan bantuan PSU secara utuh dan dalam satu kegiatan saja

Pemerintah menetapkan anggaran untuk Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2017 sebesar Rp 9 triliun.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved