Beranda » NASIONAL » Laucer Grider Tol Soker Roboh

Selasa, 22 Mei 2018 - 09:24:57 WIB
Laucer Grider Tol Soker Roboh
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 202 kali

Jakarta SP Launcher girder yang digunakan untuk membangun jembatan di jalur Tol Solo-Kertosono (Soker) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (21/5/2018) siang, mendadak roboh. Akibatnya, pengerjaan jalan tol terpaksa molor dan terhambat. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden ini.

Kapolres Jombang AKPB Fadli Widiyanto mengatakan, launcher ini sedianya akan dipakai untuk memasang girder atau balok beton di proyek jembatan tol di atas Sungai Afur Besuk. Namun saat proses pengaturan berlangsung, launcher mendadak roboh.

“Tadi alat ini dipasang untuk memindahkan girder. Pada saat di-setting alat ini mengalami goncangan, kemudian roboh. Harusnya hari ini girder langsung masuk, tapi karena launcher roboh, girder tidak jadi dipasang,” kata Fadli saat meninjau lokasi, Senin (21/5/2018).

Polisi yang tiba di lokasi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk menyelidiki peristiwa tersebut. Namun menurut Fadli, berdasarkan informasi dari pihak penanggungjawab proyek, insiden robohnya launcher disebabkan oleh cuaca ekstrem.

Informasi sementara dari pihak kontraktor, karena kondisi angin yang kencang. Jadi saat berdiri, belum ditata sudah roboh ke sebelah kiri, imbuhnya.

Saat dikonfimrasi mengenai hal ini, Perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang datang ke lokasi menyatakan bahwa robohnya launcher ini disebabkan oleh terjangan angin yang cukup kencang. “Kalau dari kondisi sementara, penyebab launcher roboh itu karena angin. Tapi nanti akan kami evaluasi lagi,” ucap Koordinator Lapangan proyek Tol Soker, Fajar Amirul Fatah.

Menurut Fajar, dibutuhkan waktu tiga hari untuk memasang kembali launcher yang roboh tersebut. Dengan begitu, dipastikan pemasangan girder ke atas tiang penyangga yang membentang di atas Sungai Besuk akan molor dari waktu yang sudah ditetapkan.

Sesuai jadwal dan target yang telah ditentukan, pembangunan jalan tol Solo-Kertosono hari ini seharusnya sudah sampai pada tahap pemasangan girder untuk jembatan. Namun karena launchernya roboh, pengerjaannya menjadi terhambat dan molor.

Namun demikian, jika pembangunan jembatan ini tetap belum selesai pada waktu yang ditentukan, kendaraan pemudik yang melintasi jalur Tol Solo-Kertosono untuk sementara waktu akan diarahkan untuk melewati Jembatan Beli terlebih dahulu.(inews/as)
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved