Beranda » POLDA METRO » Telah Hadir SAPUHI

Jumat, 01 Juni 2018 - 13:35:04 WIB
Telah Hadir SAPUHI
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: POLDA METRO - Dibaca: 249 kali

Jakarta SP Asosiasi travel penyelenggara umrah dan haji di Indonesia bertambah satu lagi dengan kehadiran Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (SAPUHI), yang digagas di Jakarta, Senin (28/5/2018) malam.

Ketua Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (SAPUHI), Syam Resfiadi .
Selain itu, isu terbesar adalah masalah dualisme pengurus Asphurindo yang kami sampaikan ke anggota. Kami pengurus telah sepakat membuat opsi dua pilihan untuk diputuskan oleh mayoritas anggota yang hadir. Yaitu, munaslub untuk menyelesaikan islah dengan pihak mereka yang jelas hasilnya membuat asosiasi baru.

Meski sudah dimediasi oleh Kementerian Agama, islah atas kisruh dualisme kepengurusan Asphurindo tidak mencapai titik temu. Munaslub sebagai forum islah di antara kedua kubu Asphurindo kemungkinan besar tak bakal digelar. Karena dari sudut pandang hukum dan lainnya, akan kesulitan mencari panitia penyelenggara Munaslub yang betul-betul fair.

Syam menegaskan, pihaknya telah mencari cara penyelesaian dan jalan keluar segala macam tetapi tidak bisa. Karena prinsip-prinsip yang Ia pegang beserta pengurus adalah sebuah organisasi yang bersih dari ideologi pemahaman kemunafikan, kedholiman dan kebatilan. Untuk menjadi asosiasi yang kredibel dan professional, organisasi harus dibangun bersama-sama dan bersih dari pemahaman yang salah.

Ternyata, kata Syam, mayoritas anggota yang hadir memilih untuk mendirikan asosiasi baru. Lahirlah SAPUHI.Setelah itu, asosiasi SAPUHI akan mengagendakan musyawarah nasional (Munas) perdana, yang waktunya diperkirakan selepas penyelenggaraan haji pada Agustus 2018.

Meski Sipatuh belum dilaunching oleh Kemenag, Asphurindo telah melakukan training system Sipatuh untuk anggotanya sudah tiga kali, Asphurindo merupakan asosiasi yang paling awal mensosialisasikan regulasi Kemenag PMA No 8 Tahun 2018, jelas beliau.

Memaparkan soal kondisi terkini seputar Asphurindo. Mulai dari jumlah anggota, program-program Asphurindo hingga visa umrah dan haji.

Mereka telah menandatangani surat pernyataan mundur dari keanggotaan Asphurindo dan bergabung dengan asosiasi baru yang bernama SAPUHI, papar Syam Resfiadi.

Kelahiran SAPUHI disokong oleh 120 travel penyelenggara haji dan umrah yang sebelumnya menginduk ke Asphurindo hasil Munas II di bawah kepemimpinan Syam Resfiadi.

Lebih lanjut Syam mengakui tidak mudah membangun kembali kekuatan dengan nama baru ini, namun Syam berkeyakinan, apabila seluruh tim solid dan saling mendukung, kekuatan dan kebesaran SAPUHI akan segera terbangun.

Kita bersyukur, para vendor mitra kami tetap member dukungan, meskipun nama baru yang nanti kami pakai. Yang terpenting bagi mereka adalah syarat dan ketentuan yang mereka berikan bisa kami penuhi, tandasnya.

Rekam jejak Syam dalam memimpin organisasi Ashurindo sangat baik. Dia (Syam) memiliki program-program yang cukup bagus untuk anggota-anggotanya. Itu setahu saya begitu, ketika saya menghadiri sejumlah pertemuan yang menyangkut organisasi yang dulu dipimpinnya,

Sementara IITCF mengapresiasi terobosan dan solusi yang diambil oleh Ketua Umum Asphurindo Syam Resfiadi, pengurus Asphurindo beserta anggota Asphurindo. Daripada kisruh dualisme kepengurusan Asphurindo tidak menemukan jalan keluar dan berimbas pada sulitnya proses pemvisaan anggota Asphurindo, lahirnya asosiasi baru SAPUHI adalah pilihan yang tepat dan efektif.

Kita apresiasi mereka dalam rangka mencari solusi dalam konflik internal Asphurindo. Selamat untuk SAPUHI, kata Direktur Adinda Azzahra Travel ini Rabu.(30/5)

Dalam waktu dekat, SAPUHI akan membentuk pengurus formatur dan menghadap Dirjen PHU Kementerian Agama. Selanjutnya Kemenag akan diundang saat pengesahan atau deklarasi asosiasi baru ini. SAPUHI akan menjadi asosiasi umrah dan haji khusus yang beda dengan asosiasi lainnya. SAPUHI akan menjadi asosiasi yang professional dan konsen untuk mengedukasi para anggotanya demi kesejahteraan bersama.

Berdasarkan informasi yang di peroleh, kehadiran asosiasi baru SAPUHI telah mendapat restu dari Kementerian Agama RI yang notabene regulator penyelenggaraan haji dan umrah.

Dengan adanya SAPUHI, maka kini ada lima asosasi umrah dan haji di Indonesia. Tiga lainnya adalah Himpunan Penyelenggara Haji dan Umrah (Himpuh), Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), dan Kesatuan Travel Umrah dan Haji Republik Indonesia (Kesthuri).

BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved