Beranda » JABODETABEK » BPS Gelar HSN 2018

Rabu, 26 September 2018 - 10:03:27 WIB
BPS Gelar HSN 2018
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: JABODETABEK - Dibaca: 159 kali

Jakarta SP Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa adalah tema besar Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2018. HSN yang diperingati setiap tanggal 26 September ini dirayakan oleh seluruh insan statistik di Indonesia. Pada hari ini, 

Seluruh insan statistik merayakan arti pentingnya
statistik dan kontribusinya yang besar bagi pembangunan bangsa dan negara. HSN bukan milik Badan Pusat Statistik (BPS) tetapi milik seluruh insan statistik. Untuk merayakan hari yang bersejarah ini, BPS diseluruh Indonesia melakukan beragam kegiatan, seperti seminar, aneka lomba, hingga bakti sosial.

Dengan tema HSN tahun ini, yaitu Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa diharapkan peran BPS selalu instansi penyedia data statistik dapat selalu menghasilkan data yang berkualitas dan terpercaya. Dalam menghasilkan data, BPS menjaga independensinya, tidak dapat diintervensi pihak manapun. Data statistik bukanlah deretan angka-angka tanpa makna, tetapi data yang memiliki banyak informasi sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan yang tepat sasaran serta mampu mengevaluasi perkembangan capaian pembangunan di Indonesia.

Dalam upaya membangun perstatistikan ndonesia, saat ini BPS sedang menyusun 
Sensus penduduk Strategi Nasional Pembangunan Statistik Indonesia (SNPSI) tahun 2020-2024, bekerjasama dengan stakeholders terkait dan dengan dukungan dari Parile. Penyusunan SNPSI bertujuan untuk membangun kapasitas SDM statistik, memperkuat koordinasi dan komunikasi Iintas kementerian/Iembaga, instansi, dan pemda sebagai penyedia data statistik sektorai serta melakukan penjaminan kualitas data sehingga terwujud Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efsien.

Dalam rangkaian perayaan HSN, BPS melaksanakan seminar nasional dengan tema Data Berbicara: Menyiapkan Generasi Emas 2045 yang bertempat di BPS pada 26 September 2018. Seminar yang dibuka oleh Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto ini juga memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada kementerian/lembaga, perusahaan, dan media yang telah membantu BPS dalam menyediakan ataupun menggunakan data BPS. Penghargaan diberikan kepada Kementerian Keuangan dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai Mitra terbaik untuk kategori Kementerian/Lembaga, Koran Kompas sebagai Mitra Media Terbaik kategori Media Massa, dan PT Kereta Api Indonesia sebagai Responden Terbaik kategori Perusahaan.


BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved