Beranda » METROPOLITAN » BIG Gelar Lomba Jalan 5 Km

Jumat, 19 Oktober 2018 - 17:30:08 WIB
BIG Gelar Lomba Jalan 5 Km
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 145 kali

Jakarta SP Badan Informasi Geospasial (BIG) genap berusia 49 tahun tepatnya pada 17 Oktober 2018. Berbagai hal telah diakukan BIG dalam menapaki usianya yang hampir setengah abad. Maka, tidak berlebihan rasanya jika perayaan hari ulang tahun yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) kali mengusung tema "SATU PETA, KERJA KITA, PRESTASI BANGSA".

Beragam acara telah diselenggarakan untuk memperingati HIG, salah satunya "Jalan Sehat Bersama". Kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk mengkampanyekan pengendalian gratifikasi di lingkungan BIG. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 jo. Undang-Undang No. 20 Tahun 2001, gratifikasi merupakan salah satu dari tujuh kelompok tindak pidana korupsi. Setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyenggara negara dianggap pemberian suap, apabila berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya. Dan ancaman hukuman bagi penerima gratifikasi tidak main-main yaitu pidana 4-20 tahun dengan denda Rp 200 juta hingga 1 miliar rupiah.


Jalan Sehat Bersama merupakan salah satu kegiatan peringatan ulang tahun BIG ke-49 pada 17 Oktober 2018. Perayaan hari ulang tahun BIG bertepatan dengan peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) yang mengusung tema Satu Peta, Kerja Kita, Prestasi Bangsa. Kegiatan Jalan Sehat Bersama ini dimanfaatkan untuk mengkampanyekan pengendalian gratifikasi di lingkungan BIG.

Berdasarkan hasil rekapitulasi Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) BIG, terdapat 13 laporan gratifikasi hingga bulan Oktober 2018. Rinciannya sebanyak tujuh pelaporan gratifikasi telah ditetapkan statusnya menjadi milik negara berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan KPK. Sebanyak dua pelaporan gratifikasi tidak ditetapkan menjadi milik negara, namun mendapat apresias dari KPK, dan sebanyak empat pelaporan gratifikasi masih dalam proses.

Tahun ini, Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas (PTRA) BIG dinobatkan sebagai Unit Kerja Paling Sadar Lapor Gratifikasi Prestasi Pusat PTRA ini diharapkan dapat diikuti pusat lainnya untuk kedepannya.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved