Beranda » METROPOLITAN » BPPSPAM Tinjau Instalasi PAM Buaran

Rabu, 21 November 2018 - 09:30:18 WIB
BPPSPAM Tinjau Instalasi PAM Buaran
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: METROPOLITAN - Dibaca: 210 kali

Jakarata SP Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) telah mengeluarkan hasil penilaian kinerja terhadap 374 PDAM dari 391 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang ada di Indonesia.

Penilaian dilakukan untuk periode tahun buku 2018 guna melihat dan mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi, dan efektivitas pengelolaan PDAM. Hasilnya, sebanyak 223 PDAM atau sekitar 57% berkinerja sehat, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 209 PDAM. Untuk PDAM yang kurang sehat tercatat sebanyak 99 unit atau 25%. Sebanyak 52 PDAM atau 13% berkinerja sakit dan 17 PDAM sisanya belum dinilai kinerja.

Semakin bertambahnya PDAM sehat membuat pemerintah optimistis target layanan air bersih 100% pada 2019 akan tercapai. “Perlu kerja keras untuk mencapai target tersebut baik melalui pembangunan jaringan perpipaan maupun nonperpipaan. Untuk itu, kita butuh lompatan agar target 100% layanan air layak minum dapat tercapai,” ujar Kepala BPPSPAM Bambang Sudiatmo di Jakarta, Senin (19/11).

Bambang menyatakan, penilaian dilakukan bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang didasari atas 18 indikator. Penilaian tersebut kemudian terbagi menjadi empat aspek, yakni keuangan, pelayanan, operasional, dan sumber daya manusia.

"PDAM sehat itu mendapat nilai di atas 2,8. Untuk PDAM kurang sehat rentang nilainya antara 2,2-2,8, dan PDAM sakit di bawah 2,2," sebutnya.

Peningkatan kinerja PDAM juga disebutkannya dapat dilihat dari adanya peningkatan konsumsi air baku oleh masyarakat, yang menandakan kepercayaan masyarakat terhadap air minum dari PDAM terus meningkat.

"Yang tidak kalah penting adalah peningkatan kompetensi SDM dalam pengelolaan air minum," ucap Bambang.

Ia menargetkan, pada 2019, jumlah PDAM yang berkinerja sehat dapat meningkat sekitar 30-40 PDAM dari jumlah tahun sebelumnya.

"BPPSPAM terus berkomitmen dalam mendorong kinerja PDAM. Salah satunya adalah dengan melaksanakan rencana tindak turun tangan yaitu untuk meningkatkan kinerja PDAM kurang sehat dan sakit menjadi PDAM sehat," tutur dia.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved