Beranda » JABODETABEK » HKHKI Di Lantik

Jumat, 30 Agustus 2019 - 09:40:06 WIB
HKHKI Di Lantik
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: JABODETABEK - Dibaca: 141 kali

Jakarta, 29 Agustus 2019 Sebelum resmi dilantik dan diresmikannva wadah Himpunan Konsultan Hukum Ketenagakerjaan lndonesia-HKHKI sudah disibukan dengan berbagai kegiatan dan undangan di berbagai lembaga dan institusi.  Kegiatan tersebut meliputi permintaan untuk memberikan saran dan masukan kepada Kementerian Ketenagakerjaan terkait dengan aturan outsourcing, upah dan PHK, seminar di DPR RI, melakukan kajian hukum terkait Permenaker No. 11 tahun 2019 tentang outsourching, konsinyering dengan Kementerian Hukum dan HAM RI dan banyak lagi. HKHKI adalah sebuah wadah yang telah lama dinantikan sejak lahirnya UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Wadah ini beranggotakan para akademisi, konsultan hukum dan advokat yang memfokuskan dirinya di bidang ketenagakerjaan.  Karena selama ini belum ada organisasi independent di bidang Ketenagakerjaan, yang dapat menjembatani kepentingan pengusaha dan pekerja, serta sebagai mitra pemerintah dalam memberikan masukan dalam rangka pembentukan & penyusunan peraturan perundangan di bidang ketenagakerjaan. 


Pendirian organisasi ini tidak terlepas dari dukungan penuh berbagai pihak, di antaranya Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Hukum dan HAM. Organisasi ini hendak berkontribusi dalam mewujudkan sistem ketenagakerjaan yang sehat, harmonis, dan berdaya saing intemasional. Kegiatan organisasi ini berfokus pada pengawasan, bimbingan, pelatihan dan sebagai mitra tetap pemerintah dan parlemen dengan memberikan sumbangan pemikiran analisis hukum dalam rangka penyusunan kebiiakan dan peraturan pemndang undangan di bidang ketenagakerjaan. HKHKI merupakan organisasi independen yang ke depannya diharapkan akan memiliki posisi strategis terhadap pemangku kepentingan dan perkembangan hukum ketenagakerjaan di Indonesia. Selain itu mempunyai tujuan mulia untuk menciptakan konsultan hukum ketenagakerjaan yang berkualitas dan berintegritas yang pada akhimya dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan perekonomian Indonesia. 


Diharapkan dengan lahirnya HKHKI dapat menambah keharmonisan hubungan industrial antar para pelaku pasar tenaga kerja, terlebih dengan kondisi hukum ketenagakerjaan Indonesia yang ada saat ini masih sulit untuk berkompetisi dengan pasar internasional. Seminar Nasional, Acara Peresmian dan Pelantikan yang didukung dan bekerja sama dengan Ditjen PHI dan ]amSos KEMNAKER serta Ditjen HAM Kementerian Hukum dan HAM ini mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat, terbukti dengan dihadirinya perwakilan dari 23 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh tanah air, 12 Kementerian Tingkat Pusat dan Daerah, 12 Perwakilan Negara Sahabat, 6 Organisasi Advokat 15 Konfederasi dan Federasi Serikat Pekerja, 15 Badan Non Kementerian dan Organisasi/Perhimpunan Profesi di seluruh Indonesia; puluhan BUMN dan Perusahaan Swasta mahasiswa dan Masyarakat umum.


Acara tersebut dimeriahkan dengan seminar nasional bertajuk ”POLA HUBUNGAN KERJA DALAM ERA DIGITAL DAN TEKNOLOGI CANGGIH. Adapun Narasumber yang akan mengisi acara tersebut adalah Perwakilan Menteri Ketenagakerjaan RI, Dirjen Pembinaan Hub. Industrial dan Jaminan Sosial Kemenaker RI, Dirjen HAM Kementerian Hukum dan HAM RI, Guru Besar Fakultas Hukum Univ. Indonesia, dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Univ. Krisnadwipayana, dengan moderator Ketua Umum HKHKI Dr. Ike Farida, S.H., LL.M.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved