Beranda » HIBURAN » Balai Pustaka Gelar SSBP Angkatan Ke IV

Minggu, 08 September 2019 - 09:30:50 WIB
Balai Pustaka Gelar SSBP Angkatan Ke IV
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: HIBURAN - Dibaca: 169 kali

Jskarta SP Sebagai satu-satunya instansi di Indonesia yang bertugas untuk melestarikan kesusasteraan Indonesia, Balai Pustaka terus berinovasi dalam melestarikan dan mengembangkan sastra dan budaya Indonesia.

Manfaat bagi para siswa adalah dengan adanya sanggar sastra ini diharapkan dapat memperkenalkan karya sastra di sekolah. Apalagi karya sastra tidak diajarkan di sekolah. Keberadaan sanggar akan memperkuat dan memperluas wawasan serta praktik bersastra melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di sanggar sastra.

General manager Media Production Divisi, Balai Pustaka, Aan Munadii bertujuanuntuk melestarikan sastra dan seni Indonesia, sehingga melahirkan bibit-bibit baru sastrawan Indonesia.

Menurutnya, Balai Pustaka adalah pihak yang paling bertanggung jawab dan terdepan untuk menjaga dan melestarikan sastra indonesia. Oleh karena itu, dengan hadirnya Sanggar Sastra Balai Pustaka diharapkan tak hanya dapat membantu melestarikan sastra Indonesia, tapi juga melahirkan sastrawan-sastrawan muda Indonesia.

Adapun kegiatan yang diadakan selama tiga hari itu, berisi pertunjukan teater, pembacaan puisi, pertunjukan musikalisasi puisi, dan serangkaian pelatihan yang diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah di Jakarta dan sekitarnya. Diharapkan para siswa tersebut dapat menguatkan ilmu kesusastraan yang tidak diajarkan secara mayor di sekolah. Sehingga kegiatan ini bisa memperkuat dan memperluas wawasan serta praktik bersastra melalui berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Sanggar Sastra.

Vikar, mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif Balai Pustaka dalam melestarikan kesusateraan Indonesia dengan mendirikan Sanggar Sastra Balai Pustaka

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini dan berharap dengan hadirnya Sanggar Sastra Balai Pustaka turut mendukung pembangunan bangsa melalui sastra dan budaya,"

Merupakan salah satu cara memperkenalkan sastra kepada generasi muda Indonesia dan mencintai sastra Indonesia. "Dengan begitu nilai-nilai yang terkandung dalam sastra bisa diserap generasi kita ujarnya


Peserta SSBP terdiri dari siswa sekolah menengah/sederajat, mahasiswa, sanggar seni dan mum. Materi diajarkan menulis puisi dan prosa, musikalisasi puisi, deklamasi, monolog.


Penerbit buku sastra tertua Indonesia, Balai Pustaka, kembali menyelenggarakan program Sanggar Sastra Balai Pustaka (SSBP } Sanggar Sastra Angkatan IV berjumlah 110 orang, berasal dari sejumlah sekolah menengah di Jabodetabek, mahasiswa, dan sanggar umum. Kepada peserta diberi pelatihan menulis puisi dan prosa, musikalisasi puisi, deklamasi dan apresiasi sastra. Program pelatihan Sanggar Sastra
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved