Beranda » JABODETABEK » Ka BBWSCC Mendukung Destinasi Wisata Air Kalimalang

Rabu, 25 September 2019 - 16:27:06 WIB
Ka BBWSCC Mendukung Destinasi Wisata Air Kalimalang
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: JABODETABEK - Dibaca: 132 kali

Destinasi wisata air Kalimalang yang rencananya dibuat mirip sungai Cheonggyecheon Seoul, Korea Selatan akhirnya mulai direalisasikan oleh Pemprov Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama pembangunan destinasi wisata air Kalimalang di Kota Bekasi, Rabu (25/9/2019).

Peletakkan batu pertama itu menandakan dimulainya proses revitalisasi Kalimalang tersebut. Dalam proses peletakan batu pertama, Ridwan Kamil ditemani oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Direktorat Jendral Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat


Bambang Hidayah Ka BBWSCC mengatakan, setelah melalui proses panjang akhirnya pembangunan destinasi wisata air di Kalimalang bisa dimulai. Banyak faktor baru dimulainya proses revitalisasi Kalimalang ini. Mulai dari titik lokasi yang sempat masuk jalur pembangunan Tol Becakayu hingga perizinan dari Ditjen SDA Kementerian PUPR

Banyak sekali potensi wisata air di Jawa Barat, akan tetapi lahan atau waduk itu rata-rata aset miliki Kementerian PUPR.
Saya harap ini menjadi titik wisata baru dan daya tarik baru bagi warga Bekasi," ucapnya.

Memastikan penataan sempadan Saluran Kalimalang tidak akan mengganggu pemeliharaan sumber daya air dan dilakukan sesuai dengan regulasi. Ia berharap penataan sempadan Kalimalang bisa meningkatkan kepedulian masyarakat Bekasi terhadap fungsi dan kelestarian air.

“Pembangunan ini dapat meningkatkan fungsi dan kelestarian Sumber Daya Air serta kepedulian masyarakat dalam memelihara Sumber Daya Air. Masyarakat diharapkan tidak lagi membuang sampah dan limbah ke Saluran Kalimalang,” ucapnya.


Tahap pertama akan dibangun di area 1 (Taman Barat/Pipa PDAM Barat atau eks Taman Seni), yakni jalan setapak, elemen lunak atau tanaman. Area 2 (Promade Sejarah 1), yakni tiga monumen besar, alun-alun, jalan setapak, tiang bendera, pembuatan raliing pagar, dinding tanaman, tanaman, papan petunjuk taman.

Area 3 (Taman Timur), yakni jalan setapak, alun-alun kecil. Kemudian dilanjut di tahap kedua tahun 2020, rencana pagu anggaran Rp26 miliar lebih. Tadi tahap satu sisi utara kalau tahap kedua sisi selatan.

Untuk detail pekerjaan ditahap kedua, yakni zona air, kolam dangkal anak, ruang ngariung, taman flora musiman, tempat pejalan kaki, tanggul penahan tanah, jalan inspeksi. Kemudian taman lampu, jembatan penyeberangan antara sisi utara dan selatan dan sebagian segmen utara papan nama Taman Tarum Bhagasasi.

Sehingga, di tahun mendatang Kalimalang sudah menjadi destinasi wisata bagi warga Bekasi dan sekitarnya mirip dengan Sungai Cheonggyecheon Seoul di Korea Selatan.

BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved