Beranda » JABODETABEK » Unindra Kembali Gelar Wisuda Ke 71

Rabu, 30 Oktober 2019 - 08:28:08 WIB
Unindra Kembali Gelar Wisuda Ke 71
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: JABODETABEK - Dibaca: 130 kali

Jakarta SP nWiisuda Unindra semester Genap TA. 2018/2019 ini akan dilaksanakan sebanyak lima kali. Hari ini Rabu (30/10/2019) adalah wisuda yang keempat kalinya. Insya allah 13/11/2019 adalah wisuda yang ke-72.

Upacara wisuda ini dilaksanakan dengan Sidang Terbuka Senat Mahasiswa yang dipimpin langsung oleh Rektor Unindra merangkap Senat Universitas.


Hari ini akan diwisuda sebanyak 1.133 orang yang terdiri atas program sarjana (S1) sebanyak 983 orang dan program pascasarjana (S2) sebanyak 150 orang. Lulusan Unindra sampai saat ini sudah mencapai 71.163 orang,” ucap Rektor.


Dengan usianya yang baru 15 tahun, Unindra sudah menghasilkan lulusan yang cukup besar ini artinya dari segi peluang dan kesempatan lulusan Unindra sudah dapat terjun di masyarakat dalam rangka mengabdikan ilmunya untuk kepentingan dan kemaslahatan bangsa,” tuturnya.

Seperti kita ketahui bahwa jantung perguruan tinggi adanya di penelitian dan abdimas, oleh karena itu peringkat perguruan tingggi didunia adalah dari pertimbangan dan kriteria riset. Namun demikian Unindra tentunya tidak akan berambisi untuk meraih peringkat di bidang riset karena kita masih terlalu muda dibandingkan perguruan tinggi lain apalagi didunia yang sudah berabad-abad usianya,” ujar Rektor Sumaryoto.

“Oleh karena itu sesuai dengan rencana jangka panjang Unindra lebih berfokus pada bagaimana kita membenahi aspek proses pembelajaran itu kita ingin menjadi sesuatu perguruan tinggi yang unggul dalam pembelajaran atau Excellent Teaching University. Insya Allah kita akan laksanakan pada tahun 2029 yang akan datang, jadi 10 tahun lagi yang akan datang,” imbuhnya.


Lebih jauh Rektor Sumayoto memaparkan, Untuk prestasi penelitian Unindra sudah cukup bagus karena dalam publikasi ilmiah kita mendekati peringkat 120 dari 4.789 perguruan tinggi Indonesia.

Ini komentar Menristekdikti pada waktu itu, Kita ini termasuk yang tercepat dan masuk Cluster Madya. Dengan umur Unindra 15 tahun sudah bisa menduduki hal seperti itu.

Dalam kesempatan ini Rektor mengucapkan selamat dan terima kasih kepada jajaran LP2M yang dikomandoi oleh Bapak Haji Samsuri sebagai pimpinan LP2M.

Prestasi lain adalah publikasi ilmiah, kita mendapat penghargaan atau prestasi sebagai program studi yang mendapat predikat nomor satu dan 10 besar dosen-dosen dari DKI ini 5 orang kita sudah memiliki 32 jurnal, 12 sudah terakreditasi kemudian belum terakreditasi ada 17 dan yang sedang dalam proses 3. Ini suatu yang wajar karena kita selalu berkembang terus dari 1 jurnal kemudian sekarang menjadi 30 jurnal dalam waktu 15 tahun.

Publikasi untuk arc dosen pada scobus kita sudah mencapai 94 publikasi di dalam scobus ini. Kemudian untuk prestasi mahasiswa kita punya tiga program studi yang beradaptasi A, pertama adalah decave paling dulu, kemudian fisika. Untuk S2 adalah pendidikan bahasa Inggris.

Untuk Prodi Fisika mendapat prestasi yang cukup membanggakan, pertama adalah juara ke-3 lomba pameran produk mahasiswa di ITB tahun 2018. Juara 1 kompetensi media pembelajaran fisika di Unila 2018, juara 2 kompetensi produk pembelajaran fisika di Unindra tahun 2018, juara 1 poster festival fisika tahun 2019 di Uhamka, juara 2 lomba karya ilmiah nasional mahasiswa di UPI Bandung tahun 2019, juara 2 lomba esei se-jawa di UIN Jakarta 2019, semua ini skupnya skala nasional lho jadi patut kita banggakan bahwa Prodi Fisika ini memang prodi yang paling sedikit mahasiawanya tapi untuk sementara berperingkat paling banyak diprodinya.

Untuk lolos PKM yang didanai oleh ristekdikti ada sebanyak 7 proposal yang lulus kita kirim ke ristekdikti.

Lalu yang kedua program studi pendidikan matematika, tahun 2017 meraih juara 2 lomba Calculus Cup tingkat nasional di UNJ peringkatnya hanya dibawah ITB Bandung, kemudian juara 3 lomba karya tulis tingkat nasional di UNJ tahun 2018. Juara I lomba Esei tingkat nasional di UNJ tahun 2018, kemudian juara 3 lomba desain poster Islamic Fair tingkat nasional di Poltek Negeri Jakarta tahun 2019.

Kemudian untuk program DeCave mendapat peringkat menjadi 17 ruang DeCave seluruh Indonesia sebagai prodi terbaik dan DeCave ada diurutan ke 14 dari 17 dan berstatus A akreditasinya.

Ini merupakan prestasi kita, Unindra dengan kepeduliannya yang tuntas kepada masyarakat dengan dana kuliah yang sangat terjangkau nyatanya kita bisa berkiprah tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang jauh lebih mahal
dari Unindra.

Ini tentunya tidak lepas dari pengabdian yang tulus teman-teman dosen terutama yang berada di Garda terdepan dalam rangka melakukan proses belajar mengajar sehingga bisa menghasilkan lulusan-lulusan dan mahasiswa dengan kompeten yang membanggakan.

Pada kesempatan ini Unindra mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan wali mahasiswa yang sudah mempercayakan putera puterinya kuliah di Unindra yang tentunya dengan pertimbangan yang cukup proporsional bahwa kuliah di Unindra ini adalah kuliah yang betul-betul peduli kepada masyarakat.

Peduli dalam arti mengentaskan kemiskinan dan kebodohan melalui pemberian kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk kuliah di Unindra.

Ini adalah wujud nyata tanpa janji melaksanakan sebagian kecil tujuan dibentuk negara kesatuan RI yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.


Orasi ilmiah diwisuda Uninda ke-71 hari ini disampaikan oleh Bapak Darmo M.Pd dengan tema “5C: Menuju Sumber Faya Manusia Unggul dan Kompetitif”. Beliau adalah Dosen Prodi Pendidikan Fisika dan juga Ketua Pendidikan Fisika.

Mahasiswa yang mengikuti wisuda ke-71 ini meliputi Mahasiswa program sarjana (S1) Fakuktas Ilmu Program Pendidikan Sejarah (FIPPS), Program Studi Bimbingan dan Konseling 57 orang. Program Studi Pendidikan Ekonomi 202 orang dan Program Studi Pendidikan Sejarah 17 orang.

Fakultas Teknik, Matematika & IPA (FTMIPA), Program Studi Pendidikan Matematika 80 orang. Program Studi Pendidikan Biologi 28 orang dan Program Studi Pendidikan Fisika 11 orang.

Fakultas Bahasa dan Sasta (FBS), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris 125 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 62 orang dan Program Studi Disain Komunikasi Visual 41 orang.

Fakuktas Teknologi dan Ilmu Komputer (FTIK), Program Studi Teknik Informatika 304 orang, Program Studi Teknik Industri 42 orang dan Program Studi Teknik Arsitektur 14 orang.

Mahasiswa program Pasca Sarjana (S2), Program Studi IPS 35 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 20 orang, Program Studi Pendidikan MIPA 55 orang dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris 40 orang.

Menutup sambutan saya Ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran pembina yang sudah memberikan perhatian, arahan sehingga Unindra bisa berkembang dan maju seperti sekarang ini
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved