Beranda » NASIONAL » Tol Kunciran Serpong Di Uji coba Selama Dua Hari

Selasa, 05 November 2019 - 10:20:13 WIB
Tol Kunciran Serpong Di Uji coba Selama Dua Hari
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 135 kali

Jakarta SP PT Marga Trans Nusantara, anak usaha PT Jasa Marga yang mengelola Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong, optimis jalan tol lulus uji laik oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Nantinya, kehadiran jalan tol ini diklaim berikan manfaat bagi masyarakat luas serta kalangan usaha.
Untuk diketahui, jalan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,135 Km terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 Ruas Kunciran-Parigi sepanjang 6,711 Km dan Paket 2 Ruas Parigi-Serpong sepanjang 4,424 Km.

Pekerjaan fisik Jalan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong telah selesai 100% sejak tanggal 30 September 2019.
Saat ini, pihaknya sedang menjalani proses uji laik fungsi yang dilaksanakan dua hari ke depan.

Presiden Direktur PT MTN Truly Nawangsasi optimis Jalan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong lulus uji laik.
"Jika nantinya lulus uji laik dan segera beroperasi, Jalan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong akan terhubung dengan sejumlah jalan tol lainnya, seperti Jalan Tol Ruas Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong, Jalan Tol Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran, dan Jalan Tol Ruas Cinere-Serpong," jelas Truly di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Truly mengaku, jalan tol ini nantinya berfungsi memecah lalu lintas yang menumpuk di dalam Kota Jakarta maupun JORR yang berbatasan dengan Jakarta.


“Jalan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong dapat menjadi alternatif bagi pengguna jalan yang hendak ke arah Bandara Soekarno-Hatta, arah Pondok Aren-Serpong, serta arah Tangerang-Merak," ucapnya.

"Sehingga dengan adanya Jalan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong bisa memberikan dampak positif bagi kelancaran distribusi barang melalui Pelabuhan Merak,” tambahnya.

PT Jasa Marga, saat ini sedang menyelesaikan pengerjaan Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong, hingga awal September 2019 telah mencapai progres konstruksi 97,02%. Rencananya, Jalan tol sepanjang 11,135 km dikelola oleh salah satu anak usaha Jasa Marga, yakni PT Marga Trans Nusantara (PT MTN).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit optimis, konstruksi Jalan Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong selesai pada akhir September 2019, sehingga dapat dioperasikan pada TW IV Tahun 2019.


"Untuk konstruksi dapat selesai di akhir bulan dan dapat beroperasi di akhir Triwulan IV Tahun 2019. Untuk kelancaran penyelesaian konstruksi dan pengoperasian Ruas Kunciran-Serpong tetap perlu berkoordinasi dengan Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran serta Ruas Serpong-Cinere sebagai bagian dari Ruas JORR II," jelas Danang.


Jalan tol Kunciran—Serpong akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung. Jalan tol yang dikelola salah satu anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini direncanakan rampung pada akhir tahun ini.

Namun, karena mengalami beberapa kendala seperti pengunduran pengembalian dana talangan tol sepanjang 11,14 kilometer ini, perjanjian pengusahaan jalan tol harus diamendemen, selain ruas tol lain dari JORR 2 yakni Semanan—Sunter.
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved