Beranda » NASIONAL » Banten Juara Ke 6 Popnas Ke 15 Di Jakarta

Senin, 25 November 2019 - 14:30:07 WIB
Banten Juara Ke 6 Popnas Ke 15 Di Jakarta
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 123 kali

Jakarta SP Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV yang digelar di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta Selatan, sejak 17 November lalu, resmi ditutup, Minggu (24/11) malam .

Acara penutupan evet olahraga khusus pelajar ini, dipimpin Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto.
Dalam sambutan, Gatot mengapresiasi Pemprov DKI yang sukses menyelenggarakan Popnas tahun ini dengan persiapan waktu cukup singkat.

Dijelaskan Gatoto, semula jadwal penyelenggaraan Popnas digelar di Provinsi Papua, namun dibatalkan karena pembenahan penyelenggaraan PON 2020.

Ketua Panitia Pelaksana Popnas XV 2019, Washinton menjelaskan, event olahraga ini mempertandingkan 13 cabang olahraga dengan melibatkan ribuan dari 33 provinsi se Indonesia.

Untuk tahun ini, gelar juara umum diraih Jawa Barat dengan perolehan medali 37 emas, 34 perak dan 28 perunggu.
DKI Jakarta menduduki peringkat kedua dengan perolehan 36 medali emas, 30 perak dan 27 perunggu," paparnya.

Sementara, Muhammad Rizal (18), atlet sepak takraw DKI Jakarta, mengaku bangga dan senang telah berpartisipasi dalam Popnas XV ."Setelah Popnas iini, lanjut berlatih lagi untuk membawa nama baik Provinsi DKI Jakarta dan Indonesia," tandasnya.

Berdasarkan pantauan Kabar Banten, kontingen Banten berakhir di peringkat keenam, dengan torehan 9 emas, 7 perak, dan 15 medali. Sementara pesaing terdekat Banten, Bali meraih 18 emas, 16 perak, dan 27 perunggu berada di peringkat 5. Sedangkan di peringkat Pertama ditempati oleh Jawa Barat dengan raihan 37 emas, 34 perak, dan 28 perunggu.

Menanggapi hasil tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Kadispora) Banten Deden Apriandhi mengatakan, pihaknya merasa puas meski belum mencapai target pada Popnas XV. Alasannya, tahun ini Banten finis dengan lebih baik dibanding Popnas sebelumnya.

“Alhamdulillah peringkat keenam. Itu perjuangan yang cukup berat buat atlet-atlet kami, karena di bawah provinsi yang besar. Itu berkat kerja keras dan hasil latihan atlet kami. Ya walaupun belum capai target, tapi kami bangga. Hanya beda satu doang kok dari target, tapi tahun sebelumnya kami cuma di peringkat 8,” ucapnya.

Untuk evaluasi, Deden akan lebih meningkatkan kualitas yang ada, juga kuantitas atlet yang berpotensi mendapatkan medali.

“Kami akan mengembangkan kapasitas atlet juga pelatihnya. Ditambah lagi kan kami akan intens menerapkan sistem sport sains. Jadi itu bisa menjadi tolok ukur kami ke depannya, akan bagaimana atlet pelajar Banten ini,” katanya.


Deden mengungkapkan, banyak target yang meleset dari apa yang sudah ditentukan pada Popnas XV ini.

“Seperti Marzella, seharusnya ia bisa mendapatkan emas dengan mudah pada cabor karate, namun mungkin karena habis kejuaraan di Chile, jadi performanya turun. Maka dia jadinya cuma mendapatkan perak kalah di final,” ujarnya.

Deden berharap, di Popnas ke depannya akan lebih serius mempersiapkan atlet pelajar, karena itu bisa meningkatkan motivasi pelajar di Banten dalam berkompetisi.

“Ya semoga step by step kami berjalan lancar, tahun lalu ke 8 dari target ke 7 besar. Tahun sekarang ke 6 dari 5 besar. Tahun yang akan datang semoga masuk ketiga besar dari target juara umum pastinya, meskipun itu terlihat cukup sulit,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved